Tuesday, October 2, 2012

Konsep Jaringan Multimedia (Audio dan Video)

Video

  • Teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, dan menata ulang gambar bergerak.
  • Gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam waktu dengan kecepatan tertentu.
  • Gambar yang bergerak (serialisasi gambar).

Format video

  1. Analog
  2. Digital

Capturing/Sampling :

  • Proses untuk mengubah file dalam bentuk analog ke format digital.
  • Butuh alat yang berupa video capture board atau frame grabber yang dipasang di komputer.

Video HD

  • Resolusi : resolusi tinggi yakni 1280 x 720,1920 x 1080 pixel, atau lebih.
  • Jumlah Frame Rate tiap detik : 50 Hz(Europe), atau 60 Hz(USA) .
  • Scanning Process :
    • Progressive : Setiap frame yang ditampilkan digambar ulang langsung secara berurutan.
    • Interlaced : Cuma separuh gambar yang ditampilkan dulu (garis ganjil dulu baru garis genap yang ditampilkan). Lebih hemat bandwidth.

Audio

Sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan/penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainnya.

Jenis Audio

  1. Mono : Semua sinyal audio dicampur dan diarahkan melalui satu channel audio. Contohnya microphone.
  2. Stereo : Memiliki 2 channel audio yang independent, dan sinyal suara yang dihasilkan memiliki level  dan fase yang berbeda.
  3. Suround : Reproduksi suara dari sumber audio dengan channel audio tambahan dari speaker yang mengelilingi pendengar. Contohnya seperti di bioskop.

Transmisi Audio dan Video

  • Media Streaming
    • Data dikirim dari sebuah server aplikasi dan diterima serta ditampilkan secara real-time oleh aplikasi pada komputer klien. 
    • Proses percakapan tersebut menggunakan istilah coding dan decoding.
  • Pada video, yang dienkripsi adalah bagian utama(iframe) dan yang dikompresi/dibuang adalah bagian yang ditengah (antara dua iframe).
  • Video conference termasuk media streaming karena ada server yang menerima data dan setelah data tersebut diproses (encoding) di sisi server, maka data akan dikirim secara broadcast ke client dan akan di-decoding di sisi clientnya.
  • Variabel yang berpengaruh pada pengiriman data audio adalah : bandwidth, transfer rate dan jenis gelombang yang ditransmisi (VHF atau UHF).
  • Cara Membuat Video berbeda dengan Cara Penampilan Video. dalam membuat video, contohnya adalah dengan:
    • Capturing : mengambil gambar secara langsung, misal dengan kamera.
    • Animation : dengan animasi, misal Flash.
    • Stopmotion, misal dalam pembuatan film shaun the sheep.



No comments:

Post a Comment